• Fungsi timbangan digital di laboratorium itu apa ya? Timbangan digital sangat memudahkan untuk memperoleh bahan kimia dengan takaran/ukuran/bobot tertentu. Dengan melihat display/monitor yang menampilkan bobot bahan tertimbang, peneliti dapat dengan cepat melihat dan mencatat bobot tersebut. Hal ini akan mengurangi kesalahan/galat dalam penelitian karena kesalahan penglihatan. Perlu anda ingat, bahwa setiap orang memiliki kepekaan tertentu dalam penglihatannya dalam melihat teraan yang terdapat pada neraca analog.

    Fungsi Timbangan Digital di Laboratorium

    Gambar Timbangan Digital

    Tingkat ketelitian pada timbangan digital ditunjukkan dengan jumlah nol setelah koma. Jika ada 4 angka nol, maka tingkat ketelitiannya adalah 4 digit. Jadi toleransi kesalahan akan lebih kecil jika dibandingkan dengan timbangan digital 2 digit. Dengan demikian anda dapat menimbang bahan hingga 0,0001 gram dengan neraca analitik digital 4 digit. Hal tersebut tidak dapat anda lakukan jika anda menggunakan neraca dengan ketelitian 2 digit.

    Dimana saya dapat membeli timbangan digital? Anda dapat membeli neraca tersebut di www.alatalatlab.com.

    Partager via Gmail Delicious Yahoo! Google Bookmarks Blogmarks Pin It

    your comment
  • Baca Fungsi dan Kegunaan Alat Alat Laboratorium Lengkap dg Gambar disini. Setiap alat laboratorium, baik di lab kimia, biologi mapun lab fisika, memiliki manfaat dan fungsi tertentu.Umumnya diketiga lab tersebut digunakan alat-alat gelas. Alat gelas ini difungsikan sama di ketiga lab tersebut. Misalnya saja, gelas ukur digunakan untuk mengukur cairan dalam volume tertentu. Perlu anda ingat, tidak valid jika anda menggunakan erlenmeyer untuk mengukur volume cairan, meskipun pada erlenmyer tersebut tertera ukuran volume.

    Laboratorium adalah salah satu pusat segala aktivitas ilmiah, yang meliputi riset, eksperimen, dan pengukuran. Ada beberapa jenis laboratorium diantaranya adalah laboratorium kimia, laboratorium biologi dan fisika dll.

    Peralatan lab yang dipakai disetiap laboratorium ada yang sama dan ada pula yang berbeda. Semua memiliki jenis peralatan khas yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. 

    Sebaiknya, anak sekolah membawa tas ransel yang muat untuk laptop, buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah lainnya. 

    Termasuk peralatan lab kimia dan biologi. Mereka memiliki alat khasnya tersendiri. Diantara alat-alat laboratorium kimia adalah; gelas ukur, Gelas Beaker, labu ukur, tabung reaksi dan plat tetes. Dan alat Alat Laboratorium Biologi diantaranya adalah; Mikroskop, Kaca pembesar (lup), stetoscope, thermometer digital, anatomi manusia dsb.

    ALAT ALAT LABORATORIUM KIMIA LENGKAP

    alat laboratorium

    gambar alat alat laboratorium

    Nah, agar dalam proses pelaksanaan sebuah eksperimen di lab bisa berjalan dengan lancar dan terkendali, dibutuhkan alat-alat laboratorium yang lengkap dan berstandar. Berikut beberapa alat-alat laboratorium dan fungsinya beserta gambarnya yang perlu untuk diketahui;

    1. Alat Alat Laboratorium | Gelas Ukur

    alat alat laboratorium

    gambar gelas ukur | google images

    Fungsi gelas ukur adalah sebagai alat untuk mengukur volume larutan, mulai dari volume 10mL hingga 2L. Gelas ukur berbentuk pipa dan umumnya terbuat dari bahan plastik (polipropilen) yang dilengkapi dengan bagian bawah yang lebar, sebagai kaki untuk menjaga kestabilan gelas ukur.

    2. Alat Alat Laboratorium | Tabung Reaksi

    alat alat laboratorium

    gambar tabung reaksi | pixabay.com

    Tabung reaksi adalah peralatan gelas yang terbuat dari kaca atau plastik. bentuknya kira kira sebesar jari tangan manusia. Tabung reaksi tersedia dalam berbagai macam ukuran. Namun pada umumnya memiliki ukuran berdiameter 10-20 dengan panjang 50-200 mm.

    Fungsi tabung reaksi adalah untuk mencampur, menampung dan memanaskan bahan-bahan kimia cair atau padat, utamanya untuk uji kualitatif. Selain berukuran kecil ada juga Tabung reaksi yang memiliki ukuran besar. Alat tersebut dinamakan Labu didih.

    3. Alat Laboratorium Kimia | Labu Ukur

    alat-alat laboratorium

    gambar labu ukur | pixabay.com

    Labu ukur (Volumetric Flask) atau labu takar adalah alat kimia, yang digunakan untuk mengencerkan larutan hingga mencapai volume tertentu. Alat yang terbuat dari kaca berbentuk labu ini juga bisa digunakan untuk menyisakan larutan kimia analitik dengan konsentrasi dan jumlah yang berakurasi tinggi.

    Keakuratan yang tinggi ini dikarenakan oleh bagian lehernya yang terdapat sebuah lingkaran gradasi, volume, toleransi, suhu kalibrasi dan kelas gelas. Pada lehernya juga terdapat tanda batas yang menunjukkan ukuran volume, mulai 1 mL hingga 2 L.

    Umumnya, labu ukur ini berwarna transparan, sehingga sangat memudahkan pemantauan. Namun, ada pula yang berwarna gelap serta dilengkapi dengan penutup yang tahan terhadap bahan dan reaksi kimia, seperti bahan polietilen.

    4. Alat- Alat Laboratorium | Labu Erlenmeyer

    alat alat laboratorium kimia

    gambar erlenmeyer | aliexpress.com

    Erlenmeyer adalah jenis labu laboratorium yang banyak digunakan. Alat berbentuk kerucut dengan leher silinder dan dasar yang datar ini diambil dari nama “Emil Erlenmeyer”. seorang kimiawan asal jerman.

    Fungsi labu erlenmeyer adalah untuk mencampur, mengukur dan menyimpan cairan. Umumnya erlenmeyer terbuat dari kaca borosilikat sehingga tahan ketika dipanaskan. Ukuran labu erlenmeyer bervariasi mulai dari 50 – 500 ml.

    Dalam laboratorium mikrobiologi alat lab ini digunakan untuk membantu proses pembiakan mikroba.

    5. Alat Alat Lab | Gelas Beaker atau Gelas Piala

    peralatan laboratorium

    gambar gelas beaker | google images

    Gelas yang sering disebut gelas piala dan gelas kimia ini adalah alat laboratorium yang berfungsi sebagai penampung. Alat berbentuk silinder dengan alas datar ini, biasa digunakan untuk bahan kimia dengan sifat korosif yang terbuat dari PPTE. Dan untuk mencegah terjadinya kontaminasi atau hilangnya cairan, gelas ini biasa dipasangkan dengan gelas arloji sebagai penutup.

    Terdapat beberapa ukuran untuk gelas ini, mulai dari 25 mL hingga 3 L. Gelas beaker terbuat dari bahan borosilikat atau plastik.

    6. Alat Laboratorium | Pipet Tetes

    alat laboratorium pipet tetes

    gambar pipet tetes | bisakimia.com

    Pipet digunakan untuk memindahkan volume cairan yang telah terukur. Alat ini terdiri dari beberapa jenis dengan bentuk, fungsi, dan tingkat ketelitian yang berbeda. Macam-macam pipet diantaranya yaitu; Pipet tetes, pipet ukur dan pipet volume:

    Pipet tetes. Sesuai dengan namanya, pipet yang satu ini mampu memindahkan cairan dalam jumlah yang sangat kecil yaitu berupa tetesan. Hal ini dikarenakan bentuk dari pipet ini yang berupa pipa kecil yang ditutupi dengan karet di bagian atasnya.

    7. Peralatan Laboratorium | Pipet Ukur

    pipet ukur

    gambar pipet ukur | bisakimia.com

    Fungsi Pipet ukur adalah untuk memindahkan larutan secara terukur sesuai dengan volume. Pada pipet ini juga terdapat skala yang menunjukan volume tersebut. Ukuran volume terbesat pipet ukur sendiri adalah 50 ml.

    8. Alat Ukur Lab | Pipet Volume / Gondok

    pipet volume pipet gondong

    gambar pipet volume | bisakimia.com

    Pipet gondok atau pipet volume. Berbeda dengan pipet tetes, pipet volume memiliki ukuran yang lebih besar sehingga mampu memindahkan cairan dari wadah ke wadah. Peralatan laboratorium ini merupakan alat ukur kuantitatif dengan tingkat ketelitian tinggi.

    Pipet volume memiliki bagian menggelembung ditengahnya. Fungsinya adalah untuk mengambil larutan dengan volume yang tepat dan sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung tersebut.

    9. Alat Laboratorium Kimia | Kaki Tiga

    kaki tiga kimia

    kaki tiga | blogbio15001.blogspot.co.id

    Kaki tiga dalam alat laboratorium adalah besi yang mempunyai 3 kaki yang memiliki fungsi sebagai penyangga ring. Fungsi kaki tiga adalah sebagai penahan kawat kasa dan penyangga ketika proses pemanasan.

    10. Alat- Alat Laboratorium | Rak Tabung Reaksi

    alat alat lab kimia rak tabung reaksi

    gambar rak tabung reaksi | google images

    Rak tabung reaksi adalah alat yang umumnya terbuat dari kayu. Ia mempunyai 12 lubang dengan 12 cekungan dibawahnya untuk menyimpan tabung reaksi. Ukuran rak ini sekitar 20 x 10 cm. Pada bagian lainnya, terdapat 6 batang kayu yang berfungsi sebagai tempat tabung reaksi dikeringkan.

    Secara ringkas. Fungsi tabung reaksi adalah sebagai tempat menyimpan tabung reaksi, mengeringkan dan menjaga tabung reaksi agar tidak berjamur.

    11. Alat Lab | Penjepit Tabung Reaksi

    alat lab kimia

    penjepit tabung reaksi | google images

    Penjepit tabung reaksi terbuat dari kayu dan digunakan untuk menjepit tabung reaksi disaat proses pemanasan. Atau bisa juga digunakan untuk mengambil kertas saring dan benda-benda lab lain disaat kondisi alat tersebut panas.

    12. Alat Alat Laboratorium | Plat Tetes

    gambar plat tetes | tokopedia.com

    Fungsi Plat tetes adalah sebagai penguji keasaman suatu larutan atau mereaksikan larutan . Plat tetes terbuat dari bahan porselen dan umumnya tersedia dalam jumlan 6, 12 dan 16 lubang tetes.

    13. Peralatan Laboratorium | Mortar dan Alue (Pestle)

    gambar mortal dan pestle | google images

    Mortar dan Pestle atau dalam bahasa Indonesia dinamai Lesung dan Alu. Fungsi alat laboratorium ini adalah untuk menghancurkan atau menghaluskan suatu bahan atau zat yang masih bersifat padat atau kristal.

    Dalam laboratorium biologi mortar dan alu ini juga digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan – bahan praktek seperti daun, biji-bijian, akar, protein, DNA, RNA dll.

    Perlu diketahui juga, Mortal (lesung) adalah bagian wadah sedangkan pestle (alu) adalah bagian batang yang kita pegang.

    14. Alat Lab Kimia | Kawat Kasa

    kawat kasa | google images

    Fungsi kawat kasa adalah untuk menahan beaker atau labu ketika proses pemanasan menggunakan pemanas bunsen atau pemanas spiritus. Kawat kasa juga ditopang alat kaki tiga pada bagian bawahnya untuk membuat proses pemanasan berjalan maksimal.

    15. Alat Laboratorium | Kawat Nikrom

    elevenia.co.id

    Fungsi kawat krom adalah untuk mengidentifikasi zat dengan cara uji nyala.

    16. Alat Alat Laboratorium | Corong Pisah

    alat alat laboratorium

    aliexpress.com

    Peralatan laboratorium berbentuk kerucut dengan tutup setengah bola ini biasanya digunakan dalam proses ekstraksi cair. Yaitu proses memisahkankomponen-komponen fase pelarut dengan densitas yang berbeda.

    Corong pisah atau corong pemisah memiliki bagian penyumbat di atasnya dan keran dibawahnya. Alat lab kimia ini dibuat dari kaca borosilikat. Sedangkan kerannya terbuat dari teflon ataupun kaca.

    17. Alat Laboratorium Kimia | Batang Pengaduk

    alat lab batang pengaduk

    batang pengaduk | bisakimia.com

    Batang pengaduk digunakan untuk mencampur cairan dengan bahan kimia untuk keperluan praktek di laboratorium. Batang pengaduk umumnya terbuat dari kaca pejal, borosilikat (pyrex). Ukurannya hampir sama dengan sedotan minuman. Namun sedikit pandang dengan ujung membulat.

    Selain untuk mencampur larutan. Fungsi batang pengaduk juga adalah untuk membantu dekantasi larutan, menginduksi kristalisasi dan memecahkan emulsi pada suatu ekstraksi.

    18. Peralatan Lab | Gelas Kaca atau Gelas Arloji

    gelas arloji

    gelas kaca arloji | generallabora.com

    Gelas berbentuk bundar dengan beragam diameter ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya:
    Penutup gelas kimia ketika tengah proses pemanasan sampel (penguapan). Sebagai tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator. Sebagai tempat benda yang tengah berada dalam proses pengamatan dan Sebagai tempat untuk menyimpan bahan yang akan ditimbang.

    19. Alat – Alat Laboratorium | Labu Destilasi

    labu destilasi | aliexpress.com

    Fungsi destilasi atau penyulingan adalah memisahkan suatu larutan ke dalam masing masing komponennya. Bisa juga didefinisikan sebagai suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan dan volatilitas atau kemudahan menguap.

    Labu destilas digunakan untuk menampung zat-zat, utamanya zat yang memiliki titik lebih tinggi ketika proses destilasi. Alat yang ada di laboratorium kimia ini mempunyai pipa yang mengarah kesisi. Pipa tersebut nantinya disambungkan pada gelas pendingin pada saat digunakan untuk destilasi.

    20. Alat Lab Kimia | Kondensor

    aliexpress.com

    Condesor adalah alat laboratorium yang memiliki fungsi untuk mendinginkan cairan panas dan mengembunkan uap. Alat ini memiliki beragam jenis bentuk, dengan di antaranya adalah condesor graham, Vigreux kolom, condesor dimroth (spiral), condesor Liebig (lurus), dan condesor Allihn (bulat).

    21. Alat Praktek Kimia | Spatula Plastik dan Logam

    aliexpress.com

    Kedua jenis spatula ini digunakan untuk mengambil bahan kimia bentuk padatan atau kristal. Untuk mengambil zat zat yang memiliki reaksi pada logam maka digunakan spatula plastik. Sebaliknya. Zat-zat yang tidak memiliki reaksi pada logam, maka digunakan spatula logam.

    22. Alat Alat Laboratorium | Buret

    schoolspecialty.com

    Alat dengan bentuk silindris memanjang ini biasanya digunakan untuk titrasi dengan presisi tinggi, atau bisa juga untuk mengukur volume suatu larutan. Alat yang dilengkapi dengan skala pada sisi luarnya ini memang dirancang dengan ketelitian yang sangat tinggi, sehingga cocok digunakan untuk keperluan analisis volumetrik kuantitatif.

    Kini, meski dalam perkembangannya telah banyak ditemukan alat titrasi berbasis teknologi, buret masih menjadi alat laboratorium yang selalu digunakan.

    23. Peralatan Kimia | Filler

    alat kimia

    tokopedia.com

    Filler adalah alat yang digunakan untuk menyedot larutan, yang biasanya dipasang pada pangkal pipet. Alat laboratorium ini dilengkapi dengan karet yang resistan terhadap bahan kimia, sehingga dijamin aman dan tidak mudah rusak.

    24. Alat Kimia | Pembakar Bunsen

    Pembakar bunsen diambil dari nama Robert Bunsen. Fungsi pembakar bunsen adalah untuk pemanasan, pembakaran dan sterilisasi jarum osi atau lainnya.

    Pembakar bunsen menghasilkan nyala api gas tunggal terbuka. dan secara maan membakar gas yang mudah terbakar seperti gas alam dan bahan bakar gas cair semisal, propana dan butana atau campuran keduanya.

    25. Alat Lab Kimia | Pembakar Spiritus

    Fungsi pembakar spiritus adalah untuk memanasi larutan atau membakar zat proses percobaan kimia.

    26. Peralatan Praktek Lab | Desikator

    Desikator adalah alat kimia yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan sampel bebas air. Alat ini berbentuk layaknya panci dua susun dengan bagian penutup yang dilapisi vaseline, sehingga akan sulit dibuka dalam keadaan dingin.

    Di bagian bawahnya diisi dengan bahan pengering berupa silika gel. Ada dua jenis desikator yang bisa digunakan dalam laboratorium, yaitu desikator biasa dan desikator vakum. Bedanya, pada desikator vakum tersedia katup yang bisa dibuka tutup, serta dihubungkan oleh selang.

    27.

    28.

    29.

    30. Alat Destilasi / Penyulingan di Laboratorium Lengkap

    rolanrusli.com

    Dalam laboratorium juga biasanya terdapat satu set alat penyulingan atau destilasi lengkap. Seperti pada rangkaian gambar alat laboratorium diatas. Beberapa dari alat-alat tersebut telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya.

    1. Kran air
    2. Pipa penghubung
    3. Erlenmeyer
    4. Termometer
    5. Statif dan Klem
    6. Labu alas bulat
    7. Tempat air keluar dari kondensor
    8. Tempat air masuk pada kondensor
    9. Pemanas
    10. Kondensor

    Destilasi sendiri adalah proses pemisahan zat-zat berdasarkan perbedaan titik didihnya. komponen zat yang mempunyai titik didik rendah akan menguap terlebih dahulu. Sementara yang memiliki titik didih lebih tinggi akan tetap tertampung dalam labu destilasi.

    Semoga artikel tentang Fungsi dan Kegunaan Alat Alat Laboratorium Lengkap dg Gambar ini bermanfaat buat anda. Jika anda ingin membeli alat laboratorium, silakan kunjungi toko www.alat-alatlab.com. Dapatkan penawaran harga istimewa untuk pembelian disana.

    Partager via Gmail Delicious Yahoo! Google Bookmarks Blogmarks Pin It

    your comment


    Follow this section's article RSS flux
    Follow this section's comments RSS flux